EKAKJ

December 5, 2007

Tato dan Fesyen

Filed under: gaya hidup — ekakj @ 1:52 am

Tato dan piercing kini bagian dari fesyendan tren bagi perempuan.Fungsinya beragam, dari aksesori hingga mengoreksipenampilan. Bagaimana proses pengerjaannya?

Disebuah studio tato yang interiornya modern dan minimalis, pengunjung tampakramai. Di ruang tunggunya tersedia bukubuku berisi ragam dan desain tato.Dindingnya juga penuh foto-foto selebriti, seperti Tora Sudiro, Ratu Felisha,Bimbim Slank, Ovie, gitaris band Rif sekaligus suami penyanyi Titi DJ.

Jarumyang berfungsi membuat tato tidak membuat mereka takut.Tato dan body piercingmenjadi bagian dari aksesori. Bahkan, bisa berfungsi sebagai make up permanen. Tak cuma itu, tatobisa membantu menyamarkan noda di kulit atau menutupi tahi lalat.

Selainitu, juga untuk mengoreksi bagian tertentu pada wajah, seperti bibir dan alisagar berkesan tebal. Warnanya pun dibuat semirip mungkin dengan kulit sehinggatidak terlihat jika di tato.

MenurutGusti, pemilik Studi Tattoo Gusti’s, Kemang Selatan, saat ini tato sudah dianggapmenjadi tren. “Dulu, tato memang identik dengan kejahatan. Sebab, pemiliknyakebanyakan para preman dan penjahat. Namun, saat ini sudah banyak selebritidunia dan Indonesiayang mengoleksi tato di tubuhnya sebagai aksesori,’’ ujarnya.

Yangmengejutkan lagi, menurut Gusti, sekitar 50% kliennya adalah wanita, baikpengusaha maupun wanita karier. “Seni merajah kulit ini menjadi bagian darifesyen dan tren, terutama di kalangan muda, termasuk para eksekutif,’’paparnya. Selain itu, Gusti juga mengamati, dibandingkan pria, wanita lebihbisa menahan rasa sakit. Meski, pada awalnya banyak wanita takut ditato karenatakut sakit.

“Sebagiandari wanita justru akan kembali lagi dan minta ditato lagi. Bahkan, ada jugayang merasa ketagihan. Malah ada yang bilang, rasa sakit itu adalah bagian dariseni,’’ tegasnya.

Gustimelihat wanita sering menganggap jarum-jarum yang sangat tajam sering dianggapseperti pensil atau krayon aja. ’’Wanita cenderung menganggap kengerian yangsempat muncul, sebelum ujung jarum menyentuh kulit, tidak ada apa-apanyadibanding kepuasan setelah melakukan tato,’’ papar Gusti.

Gustijuga menjelaskan bahwa harga tato bervariasi. ’’Bisa dari ratusan ribu hinggapuluhan juta rupiah.Kalau ingin ditato sebadan penuh, harganya bisa mencapaiRp20 juta. Sebab, tinta dan alatnya umumnya impor,’’ ujarnya.

Selanjutnya,Gusti juga mengatakan bahwa saat awal tato naik daun, sebagian besar motif tatomerupakan kreasi asli tattoo artist.’’Sekarang sudah ribuan gambar yang bisa diakses dari Internet. Namun, masihbanyak pula yang menginginkan kreasi tatonya sendiri. Alasannya, mereka inginmemiliki tato limited edition.Umumnya, wanita memilih motif yang etnik, seperti suku Borneodan Mentawai. Selain itu, simbol feminin seperti hati dan kupu-kupu,’’ ujarnya.

MenurutGusti, lokasi favorit wanita untuk ditato adalah bagian punggung atas, bawahpinggul, lengan, dan dada. ’’Alasannya agar terlihat sensual karena bisamenonjolkan kelebihan tubuh. Misalnya, mereka yang berkaki jenjang memilih tatodi atas mata kaki,’’ ungkapnya.

Tentangbody piercing, Bobby salah satupemilik Rock & Roll Tatto Studio mengungkapkan, penggemar body piercingjuga berasal dari kalangan eksekutif. ’’Hampir 70% klien kami adalah wanita.Sebagian besar wanita memilih piercing di bagian pusar dan lidah. Banyak yangmerasa seksi bisa memamerkan keindahan pusar yang sudah diberi aksesori.Adajuga yang bilang jika piecing di hidung,akan terlihat lebih mancung,’’tegasnya.

Untukharga, ujar Bobby, tergantung pada daerah yang ingin dilakukan body piercing.’’Umumnya, bagian wajah dan pusar sekitar Rp250 ribu, sedangkan lidah sehargaRp300 ribu,’’ jelasnya. Melanie Subono, artis yang juga istri Gusti mengakuimenyukai tato sejak SMA. ’’Saya merasa tato itu indah dan memiliki nilai seni.Saat ini, saya memiliki enam tato yang tersebar di pinggul, jari, lengan atas, pergelangantangan atas, dan betis,’’ urainya.

Melanimengungkapkan, motifnya sangat bervariasi. ’’Diary saya adalah tato-tato ini. Tapi,saya tidak bisa menceritakan maknanya karena sifatnya sangat personal. Yangjelas, semuanya melambangkan perubahan penting dalam hidup saya,’’ ungkapnya. (sali/sindo/via)

()

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: